Tips Pakai Jilbab yang Nyaman saat Bepergian dengan Pesawat

Saat bepergian dengan pesawat, hal utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Tidak terkecuali dengan rasa nyaman dari jilbab yang kamu pakai. Suka merasa pusing atau pegal di area kepala dan leher saat harus bepergian jauh? Mungkin ada kesalahan dalam penggunaan jilbabmu. Yuk, coba intip tips simpel berikut agar kamu tetap merasa nyaman berjilbab meski duduk lama di dalam pesawat.

 Tips Pakai Jilbab yang Nyaman saat Bepergian dengan Pesawat

1. Rapikan rambut

Sebelum memakai jilbab, ada baiknya kamu merapikan rambut terlebih dahulu. Jika rambutmu hanya sebatas bahu, paling nyaman adalah mengikat rambut dengan cara membagi secara horizontal tepat di belakang kepala. Biarkan bagian bawah rambut tergerai agar kulit kepalamu bisa ‘bernapas’. Jika panjang rambutmu melebihi bahu, maka yang terbaik adalah menata rambut dengan cara dikepang. 

Sisir rambut secara rapi ke belakang, lalu kepang biasa dan ikat ujungnya dengan karet. Jika setelah diikat panjang rambutmu melebihi ujung jilbab, tidak ada salahnya rambutmu digulung sehingga ukurannya dua kali lebih pendek. Satu yang harus diingat, kepang dan ikatlah rambut dengan rapi namun tidak terlalu kencang agar tidak membuat kepalamu pusing saat di perjalanan. Untuk hindari sakit dan pegal di area tengkuk, usahakan rambut diikat agak rendah mendekati leher.

2. Pakai ciput

Setelah rambut ditata rapi, saatnya kamu memakai ciput atau dalaman jilbab. Untuk yang satu ini, pilihlah ciput dengan bahan yang nyaman, tidak terlalu ketat atau kencang. Hal ini dilakukan agar aliran darah ke area pelipis dan belakang kepala tetap lancar dan tidak menyebabkan rasa sakit atau pusing.

Pilih ciput dengan bahan rajut agar dapat mengikuti bentuk kepala. Jangan lupa sediakan satu buah ciput cadangan di dalam tas untuk dipakai sebagai ganti jika kamu lakukan penerbangan lebih dari 5 jam. Akan tetapi, lain halnya jika kamu melakukan perjalanan rute Jakarta Medan murah dengan Lion Air. Waktu tempuh yang singkat akan membuat penampilanmu tetap paripurna seperti saat berangkat. Jadi, kamu tidak perlu membawa ekstra dalaman jilbab untuk ganti di dalam pesawat.

3. Jilbab langsung pakai

Pemilihan model jilbab juga jadi perhatian tersendiri saat kamu melakukan perjalanan dengan pesawat. Daripada memakai jilbab yang ribet seperti model pashmina lilit, lebih baik pilih jilbab langsung pakai yang lebih praktis. Jilbab seperti ini sudah banyak di pasaran dengan berbagai macam tipe sehingga bisa dicocokkan dengan model dan gaya jilbab yang selama ini kamu pakai.

Pemakaian jilbab langsung pakai juga akan membuatmu lebih leluasa dan nyaman bergerak saat sudah di dalam pesawat. Akan tetapi, jika kamu merasa tidak cocok memakai jilbab model ini, tidak usah dipaksakan ganti penampilan, ya. Pakailah jilbab yang biasa kamu pakai tanpa tambahan aksesori berlebihan. Contohnya, jangan terlalu banyak memakai jarum pentul atau peniti karena akan membuatmu tidak nyaman saat akan beristirahat.

Pada dasarnya, penggunaan jilbab terutama saat kamu sedang bepergian tidaklah merepotkan. Hal yang harus diperhatikan adalah pilih bahan yang nyaman dan tidak mudah berkerut karena kamu akan menghabiskan waktu dengan duduk di kursi penumpang. Tidak ada salahnya kamu membawa parfum dengan aroma yang lembut agar kamu dapat merasakan kesegaran saat di dalam pesawat.

Jadi, tidak usah khawatir lagi kamu akan terganggu meskipun bepergian ke tempa berudara panas pakai hijab deh.